Majalah Fortuga Edisi 01

freepik.com

Dewasa ini produsen otomotif sedang berbondong-bondong untuk mengembangkan teknologi mobil otonom. Maksudnya, di kendaraan tersebut nantinya tidak diperlukan lagi pengemudi karena fungsi tersebut telah diambil alih oleh sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI). Jadi orang hanya duduk dan melakukan kegiatan lainnya ketika naik mobil.

Sejalan untuk mewujudkan hal tersebut, kini salah satu produsen teknologi asal Amerika Serikat, Alphabet Inc’s Waymo di bawah naungan Google dalam waktu dekat akan meluncurkan layanan kendaraan shutter tanpa manusia di belakang kemudinya. Diucapkan oleh John Krafcik, Chief Executive Waymo, seperti dikutip dari Reuters, layanan self-driving tersebut sudah diuji di jalanan umum sekitar Arizona.

Mobil tanpa awak merupakan aplikasi dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba menerapkan teknologi AI untuk mengembangkan produknya.

California Department of Motor Vehicles telah memberikan izin kepada Uber, Bosch, Mercedes-Benz, Tesla dan Google untuk menguji mobil tanpa sopir di California, AS.  Terakhir, izin diberikan kepada Apple. Perusahaan gadget ini optimistis mampu membuat software untuk mobil tanpa awak dari proyek khusus bernama Titan.

Beberapa perusahaan logistik besar memanfaatkan drone untuk mengambil gambar dan memindai semua lantai gudang sambil menghitung jumlah stok. Tak ayal, banyak tenaga kerja bidang pengawasan yang diberhentikan dan perusahaan ini mampu menekan pengeluaran dengan penerapan teknologi AI ini.

 

Selengkapnya bIsa buka di Majalah Fortuga Edisi 01

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *