Majalah Fortuga Edisi 01

inovasi - Majalah Fortuga Edisi 01

freepik

Majalah Fortuga Edisi 01. Di kalangan bisnis, inovasi diartikan sebagai apapun yang baru dan menggunakan teknologi canggih. Sementara itu, di kalangan birokrasi pemerintah, inovasi sering sengaja disisipkan dalam sambutan atau laporan. Tantangannya kini, birokrasi masih kesulitan untuk bisa mengikuti langkah milenial yang kian hari melaju kencang dan lebih kencang lagi. Sebab, birokrasi masih muncul dengan rumit di meja-meja yang terpisah oleh fungsi.

Citra akan alur yang panjang, lamanya waktu, dan kelambanan masih melekat pada birokrasi yang ada di kantor-kantor pemerintah. Sehingga, apa yang sering kita sebut sebagai reformasi birokrasi harus terus disuarakan. Isu yang jarang dibahas, apalagi oleh masyarakat sipil.

“Sekadar untuk menitipkan pesan bahwa yang bersangkutan tidak ketinggalan zaman,” ujar Kristanto, alumnus Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ada banyak artikel yang menjelaskan definisi inovasi.  Secara harfiah inovasi berasal dari bahasa Latin in-nova-tion, yang berarti in a new way atau dilakukan dengan cara yang baru.

inovasi - Majalah Fortuga Edisi 01

freepik.com

Sementara Oxford Dictionary mendefinisikan inovasi sebagai perubahan atas sesuatu yang sudah mapan, khususnya dengan memperkenalkan metoda, atau gagasan atau produk yang baru.

Pakar inovasi, Nick Skillicom mendefinisikan inovasi sebagai pelaksanaan sebuah gagasan untuk menjawab tantangan spesifik dan menghasilkan manfaat bagi perusahaan dan pelanggannya.

Sedangkan Business Innovation Center (BIC) mendefinisikan inovasi sebagai penciptaan dan penguasaan nilai-tambah baru, dengan cara yang baru, yang menghasilkan pertumbuhan ekonomi atau  sosial atau  bisnis yang berkesinambungan.

 

Selengkapnya bisa buka di Majalah Fortuga Edisi 01

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *