4 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

4 Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Minat baca perlu ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Banyak orang tua mulai mengenalkan budaya baca pada anak, bahkan yang masih balita sekalipun. Bagaimana caranya?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan minat baca anak-anak, di antaranya:

1. Memberikan Contoh

Pada dasarnya orang tua merupakan cermin bagi anak-anaknya. Dengan memberikan contoh membaca di setiap kesempatan, tentu anak akan mengikuti. Dengan sendirinya minat baca pada diri si anak akan tumbuh.

2. Membacakan Dongeng

Dongeng merupakan hal paling simpel yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak yang masih balita. Saat mendengarkan orang tua bercerita, anak akan mendapatkan dan mengenal kosa kata dan pengetahuan baru lainnya.

3. Mengajak ke Toko Buku, Perpustakaan, atau Pameran Buku

Orag tua yang sering mengenalkan anaknya pada buku dan bahan pustaka, akan lebih mudah untuk menumbuhkan minat baca. Orang tua dapat melakukan hal tersebut di hari libur/weekend. Saat ini perpustakaan sudah memberikan pelayanan satu minggu tujuh hari. Jadi, kesibukan orang tua yang bekerja bukan hambatan lagi untuk memperkenalkan perpustakaan dan menumbuhkan minat baca anak-anaknya.

4. Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Kembali kepada kreativitas orang tua, dengan dibuatnya perpustakaan mini, anak akan semakin terdorong untuk terus menambah koleksi bacaannya.

Sesungguhnya, banyak yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan minat baca anak-anaknya di zaman modern ini. Hanya dibutuhkan kreativitas, kesabaran, dan inovasi dari masing-masing orang tua. (JJW/AK)

sumber : pikiran rakyat

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *