Jembatan Holtekamp Catatkan 2 Rekor MURI

JAYAPURA – Pembangunan Jembatan Holtekamp di Teluk Hamadi, Kota Jayapura, Provinsi Papua mencetak dua rekor MURI. Pertama, rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh. Kedua, rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Bentang tengah Jembatan Holtekamp sebelumnya telah menempuh perjalanan laut sejauh 3.200 km dengan waktu tempuh 19 hari dari Surabaya, karena diproduksi di PT. PAL Indonesia.

Pembangunan yang dilakukan oleh konsorsium kontraktor PT. Pembangunan Perumahan, PT. Hutama Karya dan PT. Nindya Karya ini menelan biaya sebesar Rp1,7 triliun.

Kehadiran Jembatan Holtekamp dengan total panjang 732 meter diyakini akan memangkas waktu tempuh pengguna jalan dari Kota Jayapura ke Muara Tami yang akan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw. Perjalanan yang biasanya memakan waktu 2,5 jam kini bisa ditempuh dalam waktu 60 menit.

Sebelumnya, proyek pembangunan jembatan layang ini sempat terhenti akibat kebijakan pemberhentian sementara pembangunan jalan layang di seluruh Indonesia oleh pemerintah. Pembangunan jembatan dilanjutkan kembali pada Rabu (21/2) setelah mendapat Persetujuan dari Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Hal ini ditandai dengan pengangkatan bentang tengah jembatan seberat dua ribu ton. Evaluasi yang dilakukan mencakup desain, metode kerja, sumber daya manusia dan peralatan.

“Proses pengangkatan ini merupakan kegiatan konstruksi pertama yang dilakukan dengan pengawasan ketat terhadap pemenuhan ketentuan keamanan dan keselamatan konstruksi,” ujar Arie Setiadi, Kepala Sub Komite Jalan dan Jembatan KKK.

Proses pengangkatan juga diimbau agar bisa dihadiri oleh insinyur muda sebagai sarana belajar bersama. Setelah pengangkatan kedua bentang tengah, dilakukan proses penyambungan dan pengelasan, pemasangan bondek plat lantai, bearing, pembesian dan pengecoran lantai jembatan yang ditargetkan selesai pada Juni 2018. (RMI/AK)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *