Protein Osteopontin Bantu Anak Ayam Pecahkan Telur saat Menetas


Pernahkah tebersit di pikiran bagaimana bakal anak ayam menetas dari cangkang telur yang menyelubungi tubuhnya? Bukankah kerabang atau cangkang telur memiliki struktur yang kuat yang sulit dipecahkan?

Rupanya, ini adalah peran protein osteopontin yang terkandung di cangkang telur. Protein ini berperan penting membantu bakal anak ayam menetas dari cangkangnya. Protein ini juga yang menguatkan cangkang telur supaya calon anak ayam terlindungi sebelum akhirnya menetas. Hal ini disampaikan peneliti sekaligus profesor biologi sel Universitas McGill, Marc Mckee.

“Cangkang telur sangat kuat dan tangguh, sesuai dengan fungsinya,” kata Marc McKee, dikutip dari Newsweek, Sabtu (31/3).

Kandungan protein ini semakin hari kian berkurang mengikuti waktu penetasan telur. Cangkang pun kian menipis sehingga anak ayam nantinya mudah untuk menembus keluar dari telur. Hal ini terungkap berkat studi yang dilakukan para peneliti asal Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Spanyol yang didokumentasi dalam Jurnal Science Advances.

Berdasar pengamatan, dari sejumput tipis lapisan kulit telur di bawah mikroskop diketahui bahwa protein osteopontin menjadi struktur nano cangkang telur.

McKee menyatakan, pembuatan cangkang telur sebagai sistem mineral tercepat yang pernah dikerjakan organisme hidup. Pasalnya, hanya butuh waktu sekejap untuk membentuk struktur cangkang telur yang begitu kompleks.

“Seekor ayam petelur membentuk cangkang telur seberat 0,2 ons selama 17 jam, dan itu hampir tiap hari,” imbuh McKee. (RMI/AK)

Sumber: tribun travel.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *