Garuda Wisnu Kencana Ikon Baru di Pulau Dewata Bali

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana Ikon Baru di Pulau Dewata Bali. Pembuatan patung GWK di Bali sejak 28 tahun yang lalu akan selesai saat peringatan HUT RI, Agustus 2018. Perjalanan panjang penciptanya, I Nyoman Nuarta, alumnus ITB. Sisa potongan tembaga terlihat menumpuk di sudut ruang yang ada di NuArt Sculpture Park. Jalan Setra Duta Raya, Bandung Barat.

 

Para pekerja telah menyelesaikan patung kepala Dewa Wisnu setinggi setinggi 121 meter dari permukaan tanah atau 271 meter dari permukaan laut 9dpl). Karyawan yang dilibatkan dalam proses pembuatan patung dari awal hingga selesai sedikitnya 200 orang dari berbagai suku, agama dan ras.

 

Kedua patung itu menggenapi patung raksasa Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berdiri dikawasan kebudayaan (Cultural park) Desa Ungasan, Jimbaran, Bandung, Bali. GWK yang dibuat seniman Nyoman Nuarta, bakal memiliki patung dengan ketinggian 121 meter dan menjadi patung tembaga dengan teknik cor las terbesar di dunia.

 

Di kesempatan ini, Gubernur Pastika juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ida Pedanda Telabah, yang mencari solusi secara spiritual. Tapi, juga dia juga menyampaikan masukan tentang penilaian sisi lain Garuda Wisnu Kencana. Menurutnya, dalam kepercayaan Hindu, Wisnu tempatnya di utara dan di selatan Dewa Brahma.

 

Akhirnya, pihaknya memohon kepada Ratu Pedanda Putra Telabah untuk mencarikan solusi secara spiritual. Pedanda Putra Telabah memberikan solusi. Yakni, lokasi ini dianggap daerah satu entitas, atau satu wilayah, sehingga didirikan Patung Brahma di selatan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *