Pemasangan Mahkota Berlapis Emas Patung GWK

(fortuga 73)

 

Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, akhirnya mendekati garis finish. Pemrakarsa dan juga pembuat patung GWK Nyoman Nuarta menjelaskan, pemasangan mahkota Dewa Wisnu yang ke 529 dari total 754 modul, akan membentuk seluruh patung GWK. Patung setinggi 121 meter dari atas permukaan tanah atau 271 meter dari atas permukaan laut (dpl) ini telah mencapai 70 persen.

Sebagai pematung yang karya-karyanya tersebar di berbagai negara, Nyoman Nuarta  merasa berkewajiban melahirkan karya besar untuk tanah kelahirannya.

Nyoman Nuarta merasa lega karena hasil perjuangan 28 tahun hampir terbayarkan. Nyoman Nuarta terharu dan merasa gembira karena karya besarnya ini, sudah hampir mendekati mimpinya yang selama ini ditunggu.

“Sudah 28 tahun kita perjuangkan, dulunya saya masih muda, sekarang sudah ubanan. Kita berusaha keras mudah-mudahan bulan Agustus kita bisa selesaikan, ” ungkapnya.

Sebelum mahkota Dewa wisnu  dipasang, terlebih dulu dilakukan upacara menurut adat dan tradisi Bali. Dipimpin oleh 4 pendanda (pendenta hindu). Upacara adat dilakukan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar berkenan memberikan kekuatan kepada benda-benda tersebut.

Pemasangan patung yang disebut-sebut sebagai patung yang memiliki detail paling jelas di dunia ini ditargetkan rampung pada Agustus mendatang. Semenjak peletakan batu pertama pada tahun 1997, Pembangunan patung tertinggi nomor 2 di dunia ini memiliki sejumlah kendala.Nyoman  Nuarta mengalami pasang surut, terutama karena kesulitan pendanaan setelah terimbas krisis moneter. Mendapat kendala tersebut Nuarta, tak pantang surut dan berusaha selama bertahun-tahun agar GWK dilanjutkan.

“Kalau (GWK) ini selesai yang mendapat manfaat ya kita. Makanya saya tidak mau berbicara ini milik siapa. Saya tidak punya saham di sini. Bagi saya yang penting masih di Indonesia,” pungkas Nuarta.

Selengkapnya Bisa membaca di Majalah Fortuga Edisi 01, mengupas tuntas mengenai GWK

 

(Diolah dari berbagai sumber)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *