Terzo Millenio, Mobil Konsep Baru Hasil Kolaborasi Lamborghini dan MIT

Lamborghini telah berkolaborasi dengan sekelompok peneliti dari MIT untuk membuat sebuah konsep mobil sport, yang memiliki bodi dengan bahan serat karbon yang mampu memperbaiki retakan atau kerusakan dengan sendirinya.

Memiliki arti “milenium ketiga” dalam bahasa Italia, konsep Terzo Millennio dirancang untuk menawarkan visi ke masa depan dalam desain sebuah mobil sport.

Terbuat dari struktur serat karbon, mobil ini memiliki kemampuan untuk “memperbaiki diri sendiri” dan dapat melakukan pemeriksaan kerusakan sendiri dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi retakan dan kerusakan di substrukturnya.

Jika retakan kecil terdeteksi, proses perbaikan diri mulai mengisi celah dengan nanotube – sehingga mencegah retakan menyebar lebih jauh ke dalam struktur mobil.

“Berkolaborasi dengan MIT untuk departemen penelitian dan pengembangan kami adalah kesempatan luar biasa untuk melakukan apa yang Lamborghini sangat unggul dibidangnya yaitu memberikan standar baru tentang mobil super sport,” kata Stefano Domenicali, manajer dan CEO Lamborghini.

Dalam upaya untuk mengatasi batas-batas teknologi saat ini, mobil konsep bertenaga listrik dan tanpa pengemudi ini menggunakan super kapasitor ketimbang baterai konvensional.

Dengan menggabungkan sistem penyimpanan energi semacam ini, kendaraan dapat diisi dayanya dengan cepat dan mampu menahan lebih banyak daya daripada baterai. Berbicara kepada CNN, Mauricio Reggiani – kepala penelitian dan pengembangan Lamborghini – mengatakan bahwa baterai biasa dengan kualitas tertinggi tidak akan dapat berfungsi dalam supercar, karena ukuran dan beratnya yang besar.

Tetapi karena super kapasitor dibuat dengan menggunakan karbon, mereka cukup lunak untuk dibentuk menjadi panel bodi mobil.

Ini membuat kendaraan lebih ringan, sementara juga memungkinkan seluruh bodi mobil untuk digunakan sebagai sistem penyimpanan energi.

“Kami terinspirasi dengan merangkul apa yang tidak mungkin hari ini untuk menciptakan realitas untuk masa depan; Lamborghini harus selalu menciptakan mimpi dari generasi berikutnya,” kata Domenicali.

Setiap roda mobil memiliki mesin bertenaga listrik yang sudah terintegrasi, memberikan pengalaman berkendara empat roda secara penuh yang membuat pabrikan mobil mewah Italia tersebut terkenal.

Dikarenakan tidak menggunakan mesin standar yang besar, maka para perancang dan insinyur diberi lebih banyak kebebasan untuk menggunakan teknologi futuristik ini, sementara tetap mempertahankan identitas visual khas Lamborghini.

“Contoh pernyataan yang sangat kuat adalah evolusi dan pengembangan lebih lanjut dari ciri khas Y khas Lamborghini di lampu depan dan belakang,” kata Lamborghini. “Desainnya didasarkan pada arsitektur yang sepenuhnya baru, benar-benar didedikasikan untuk menyempurnakan aliran udara,” jelas Lamborghini.

Kolaborasi antara Lamborghini dan peneliti MIT dimulai sejak setahun yang lalu.

disadur dari dezeen.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *